SDN Sumur Batu o1 Pagi Terakreditasi A (Penilaian Tahun 2018)

PPDB

Kamis, 06 Agustus 2020

Karya Tulis Siswa: HIKMAH DIBALIK WABAH CORONA

Perkenalkan nama saya Akbar Dyiha Ulhaq kelas 5 sekolah di SDN Sumur Batu 01 Pagi Jakarta Pusat. Saya akan menceritakan tentang Pandemi wabah Corona yang terjadi di Negara Indonesia saat ini di bulan Maret tahun 2020. Virus corana adalah keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Pertama kali muncul wabah Corona di negara China Wuhan di bulan Desember tahun 2019.

Penyakit ini disebut juga Covid - 19. Manusia yang terkena atau terjangkit virus corona akan menunjukkan penyakit seperti infeksi saluran pernapasan gejalanya demam tinggi , batuk terus menerus ,sakit kepala, lemas, sesak napas dan nyeri pada tenggorokan. Upaya pencegahan melakukan Gerakan masyarakat hidup sehat contoh Mencuci tangan dengan air mengalir dan mengunakan sabun ,olah raga yang teratur, makanan bergizi seimbang ( mengandung karbohidrat, protein lauk pauk, mineral sayur dan vitamin buah - buahan yang mengandung vit c), menggunakan masker saat berpergian dan apabila seseorang sedang sakit, perbanyak minum air putih hangat dan jangan lupa untuk menjemur dipagi hari jam 10 karena mengandung vit D dan vit E.

Alhamdulilah Saya sudah menerapkan perilaku hidup sehat, dengan mencuci tangan dengan memegang benda apapun, makan dengan makanan yang bergizi seimbang, berjemur di pagi hari dan minum vitamin C dan saya kerja bakti di dalam rumah dengan cara membersihkan ruangan dengan Desinfektan. Setelah terjadinya banyak korban yang terjangkit virus corona pemerintah menyiapkan RS Darurat Wisma Atlet.

Pemerintah membuat surat edaran untuk belajar dirumah , bekerja dirumah dan beribadah dirumah untuk memutuskan rantai penularan yang terjadi masyarakat. Pembatasan sosial atau Sosial Distancing berdampak pada kebijakan pemerintahan yang menerapkan kebijakan belajar dari rumah. Ulhaq merupakan salah satu siswa terdampak kebijakan belajar di rumah ini. Saya belajar di rumah tak terasa sudah 13 hari , belajar mengunakan pembelajaran jarak jauh atau disebut daring on line.

Pembelajaran online adalah pembelajaran jarak jauh yang menggunakan media elektronik berupa hp dan laptop merupakan bentuk pembatasan sosial yang efektif. Pak Guru saya bernama Pak Brian selalu tepat waktu memberikan tugas ke pada siswa lewat googke clasroom sesuai tema , saya sebagai murid bangga yang saya tidak mengerti tentang laptop dan gmail..akhirnya saya paham tentang elektronik yang canggih bisa mengirim tugas dengn cepat dan mudah.

Pada saat mengerjakan tugas menggunakan internet ada saja hambatan jaringan indosat tidak stabil dan khawatir saat pulsa paket internet habis. Saya berdoa kepada allah agar musibah yang menimpa Indonesia segera di hilangkan , saya merindukan puasa ramadhan bisa berjalan tahun sebelumnya. Perekonomian negara indonesia sekarng terpuruk karena mengutamkan anggaran untuk di bidang kesehatan. Langkah pembatasan sosial diambil untuk mengurangi tingkat penyebaran virus, dan memang sudah diakui pembatasan sosial ini merupakan langkah pencegahan yang efektif.

Hal positif yang saya ambil bisa mendekatkan diri kepada Allah, lebih memperhatikan tentang kebersihan pribadi dan lingkungan sekitar, ibu dan ayah lebih dekat dengan saya pada saat belajar dirumah dan komunikasi berjalan lancar. Semoga virus corona cepat berlalu dan semua elemen bisa menyikapinnya dengan bijak.


0 comments:

Posting Komentar

SB 01 On Youtube

SB 01 On Youtube
Klik gambar di atas

NISN